Sejak Robert Bosch berhasil membuat
pompa injeksi Diesel putaran tinggi (1922-1927), maka dimulailah percobaan-percobaan
untuk memakai pompa injeksi tersebut pada motor bensin. Pada mulanya pompa
injeksi motor bensin dicoba, bensin langsung disemprotkan ke ruang
bakar (seperti motor Diesel). Kesulitan akan terjadi waktu motor masih dingin,
karena bensin akan sukar menguap karena temperatur rendah, akibatnya bensin
akan mengalir ke ruang poros engkol dan bercampur dengan oli , bila motor sudah
panas masalah ini tidak ada lagi.
Untuk mengatasi kesulitan ini, maka penyemprotan langsung
pada ruang bakar, diganti dengan penyemprotan pada saluran masuk. Elemen pompa
juga harus diberi pelumasan sendiri, karena bensin tidak dapat melumasi elemen
pompa seperti solar, itu berarti pembuatan konstruksi elemen lebih sulit dan
mahal.
Para ahli konstruksi terus berusaha merancang suatu sistem
injeksi bensin yang berbeda dari sistem – sistem terdahulu ( tanpa memakai
pompa injeksi seperti motor Diesel ), terutama untuk pesawat terbang kecil
cukup tertarik memakai sistem injeksi bensin, karena pesawat terbang yang
memakai karburator akan mengalami kesulitan antara lain : · Saluran
masuk tertutup es Posisi dan gerakan pesawat mempengaruhi
kerja karburator
Untuk
efisiensi pemakaian bahan bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga
suka memakai sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang dipakai pada
mobil-mobil saat ini mulai selesai sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri
Mobil VW mulai memakai sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali
memakai Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 sampai saat ini sistem
injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah dipakai pada
mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistemkarburator,
terutama pada negara-negara yang mempunyai aturan yang ketat terhadap kondisi
gas buang
PENGERTIAN
EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION )
EFI adalah sebuah kata singkatan dari
Electronic Fuel Injection. Adapun pengertian dari EFI adalah sebuah
sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik
agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan
kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan
pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah
lingkungan. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI telah dipakai
oleh merk Toyota, sedangkan merk lain mempunyai nama nama yang berbeda, akan
tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.
Fungsi
dan cara kerja injeksi
Fungsi
dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI itu
terdiri dari tiga system utama, yaitu system bahan bakar, system induksi udara,
dan system control elektronik. Untuk sepeda motornya bisa dilihat di Sepeda
Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang
bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.Pompa bahan
bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik
2) Fuel pulsation damper
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran
tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake manifold
dipertahankan oleh pressure regulator
3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke
injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang
di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan
jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih
kurang 2,55 kg/cm2.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh
computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada
kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor
masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara masuk.Injektor
bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220
Celsius.
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
1) Throttle body
Throttle body terdiri atas katup therottle untuk mengontroludara masuk,sebuah
system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan sebuah
throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat
coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada
permukaan samping kanan slinder.Jika putaran fast idle selama
pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan oleh
kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke
computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri
atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk
dan switch pompa bahan bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik
mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow meter,Sensor air
pendingin,sensor psisi katup gas,sensor udara masuk,sensor gas tekan,dan sensor
tekanan mesin.Perangkat ini akan menentukan lama kerja injector.Kelengkapan
yang lain adalah main relay yang menyediakan sumber arus listrik ke
computer.Circuit opening relay yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan
sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector
Bagaimana proses Alternator mengubah putaran mesin menjadi arus listrik
ReplyDeleteBy. Pintar Halawa
Nanti kita akan masuk ke materi itu. Sabar ya. Silahkan share artikel ini ya pintar
DeleteBy:Aldi y. Halawa XII-TKR
ReplyDeleteEFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor
iya bagus kesimpulanmu.
DeleteKesimpulan:
ReplyDeleteEFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot atau di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor.
Adapun komponen-komponen sistem bahan bakar yaitu:
1.Pompa bahan bakar.
2.Fuel pulsation damper.
3.Pressure regulator.
4.Injektor.
5.Cold start injektor.
By.Berkat K.Memdrofa
XII-TKR
ok. silahkan lihat videonya dan berikan komentarmu
ReplyDeleteKesimpulan:
ReplyDeleteEFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection.
EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor
Fungsi dan cara kerja komponen injeksi bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama, yaitu system bahan bakar, system induksi udara, dan system control elektronik.
By : syukur perdamaian Buaya
Kesimpulan:
ReplyDeleteEFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor
EFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor
Adapun komponen-komponen sistem bahan bakar yaitu:
1.Pompa bahan bakar.
2.Fuel pulsation damper.
3.Pressure regulator.
4.Injektor.
5.Cold start injektor.
BY :
NAMA :SUDIAMAN LASE
KELAS:XII-TKR
Komponen system bahan bakar terdiri dari
ReplyDelete1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi.
3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector-injektor.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh computer.
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah.
By: *Syukurman Buaya*