Thursday, October 24, 2019

SEJARAH EFI, PENGERTIAN EFI DAN FUNGSI EFI

Sejak Robert Bosch berhasil membuat pompa injeksi Diesel putaran tinggi (1922-1927), maka dimulailah percobaan-percobaan untuk memakai pompa injeksi tersebut pada motor bensin. Pada mulanya pompa injeksi motor bensin dicoba, bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar (seperti motor Diesel). Kesulitan akan terjadi waktu motor masih dingin, karena bensin akan sukar menguap karena temperatur rendah, akibatnya bensin akan mengalir ke ruang poros engkol dan bercampur dengan oli , bila motor sudah panas masalah ini tidak ada lagi.
Untuk mengatasi kesulitan ini, maka penyemprotan langsung pada ruang bakar, diganti dengan penyemprotan pada saluran masuk. Elemen pompa juga harus diberi pelumasan sendiri, karena bensin tidak dapat melumasi elemen pompa seperti solar, itu berarti pembuatan konstruksi elemen lebih sulit dan mahal.
Para ahli konstruksi terus berusaha merancang suatu sistem injeksi bensin yang berbeda dari sistem – sistem terdahulu ( tanpa memakai pompa injeksi seperti motor Diesel ), terutama untuk pesawat terbang kecil cukup tertarik memakai sistem injeksi bensin, karena pesawat terbang yang memakai karburator akan mengalami kesulitan antara lain : · Saluran masuk tertutup es Posisi dan gerakan pesawat mempengaruhi kerja karburator
Untuk efisiensi pemakaian bahan bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga suka memakai sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang dipakai pada mobil-mobil saat ini mulai selesai sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai memakai sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali memakai Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 sampai saat ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah dipakai pada mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistemkarburator, terutama pada negara-negara yang mempunyai aturan yang ketat terhadap kondisi gas buang

PENGERTIAN EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION )
EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI telah dipakai oleh merk Toyota, sedangkan merk lain mempunyai nama nama yang berbeda, akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.

Fungsi dan cara kerja injeksi
Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama, yaitu system bahan bakar, system induksi udara, dan system control elektronik. Untuk sepeda motornya bisa dilihat di Sepeda Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
    Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
    Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik
2) Fuel pulsation damper
    Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator

3) Pressure Regulator
    Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.

4) Injektor
  Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan

5) Cold start injektor
    Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara masuk.Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220 Celsius.
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:

1) Throttle body
    Throttle body terdiri atas katup therottle untuk mengontroludara masuk,sebuah system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.

2) Katup udara
    Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
    Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan switch pompa bahan bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
    Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup gas,sensor udara masuk,sensor gas tekan,dan sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yang lain adalah main relay yang menyediakan sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector

9 comments:

  1. Bagaimana proses Alternator mengubah putaran mesin menjadi arus listrik

    By. Pintar Halawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kita akan masuk ke materi itu. Sabar ya. Silahkan share artikel ini ya pintar

      Delete
  2. By:Aldi y. Halawa XII-TKR
    EFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor

    ReplyDelete
  3. Kesimpulan:
    EFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot atau di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor.

    Adapun komponen-komponen sistem bahan bakar yaitu:

    1.Pompa bahan bakar.
    2.Fuel pulsation damper.
    3.Pressure regulator.
    4.Injektor.
    5.Cold start injektor.

    By.Berkat K.Memdrofa
    XII-TKR

    ReplyDelete
  4. ok. silahkan lihat videonya dan berikan komentarmu

    ReplyDelete
  5. Kesimpulan:

    EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection.
    EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor

    Fungsi dan cara kerja komponen injeksi bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama, yaitu system bahan bakar, system induksi udara, dan system control elektronik.

    By : syukur perdamaian Buaya


    ReplyDelete
  6. Kesimpulan:

    EFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor
    EFI adalah pencampuran bahan bakar dengan udara dengan cara di semprot yang di kontrol secara elektronik agar mendapat campuran sesuai dengan kebutuhan motor


    Adapun komponen-komponen sistem bahan bakar yaitu:

    1.Pompa bahan bakar.
    2.Fuel pulsation damper.
    3.Pressure regulator.
    4.Injektor.
    5.Cold start injektor.

    BY :
    NAMA :SUDIAMAN LASE
    KELAS:XII-TKR

    ReplyDelete
  7. Komponen system bahan bakar terdiri dari
    1) Pompa Bahan bakar
    Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.
    2) Fuel pulsation damper
    Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi.
    3) Pressure Regulator
    Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector-injektor.
    4) Injektor
    Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh computer.
    5) Cold start injektor
    Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah.

    By: *Syukurman Buaya*

    ReplyDelete

Menerapkan Prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 Silahkan Download File dibawah ini ! https://drive.google.com/file/d/1jwVI-Y_SyiA6wFPmtS06G-SJH2heSZ32/view?usp=sharing